FISIK
tampak depan NEW CBR 150R dan R-15
tampak depan. headlamp NEW CBR 150R lebih sipit dibandingkan R-15. Mungkin karena designer honda melihat banyak pengguna R 15 yang menyipitkan headlamp motornya, sehingga designer honadapun menerapkan pada produk barunya ini.
Tampak samping NEW CBR 150R dan R-15
Dari samping tampak bahwa seat belakang NEW CBR 150R lebih pendek dibandingkan R-15. Selain itu, tangki bensin NEW CBR 150R lebih tinggi dibandingkan R-15, sedangkan tangki R-15 lebih flat.
Tampak belakang NEW CBR 150R dan R-15
Bruitan NEW CBR 150R lebih lancip sehingga menambah kesan sporty. R-15 lebih nungging sehingga saat di[akai berboncengan kurang nyaman. Selain itu, fairing R 15 lebih lebar dibandingkan NEW CBR 150R sehingga jika dipakai di kota yang ramai di indonesia fairing R-15 mengganggu saat nyalip atau kerenya filtering.
Itu jika dilihat dari sisi per sisi. Sedangkan jika dilihat dari part adalahh sbb........
-pertama dari HEADLAMP. NEW CBR 150R memiliki headlamp yang lebih sipit. Jadi CBR tampak lebih keren.
-Kedua dari SPEEDOMETER. Speedometer NEW CBR 150R menurut saya lebih bagus karena full digital sedangkan R 15 masih menggunakan analog. maklumm selisih 2 tahun...
-Berikutnya dari FAIRING. NEW CBR 150R lebih tipis dibandingin R-15 sebenernya, menuruku sih kalo dilihat lebih bagus R-15, tampak lebih garang. Tapi untuk digunakan di Surabaya atau kota besar lain di Indonesia yang macet all new CBR lebih enak dibuat nyalip-nyalip.
-Posisi tempat duduk. R-15 posisi tempat duduknya pengemudi lebih tinggi sedikit. Tepatnya 13 mm. tetapi untuk tempat duduk yang dibonceng, R-15 jauh lebih tinggi. posisi orang yang diboncengpun lebih kurang nyaman.
DARI SISI MESIN.
All new CBR150R dibuat dengan mesin DOHC dengan piston 57,3m x stroke 57,8. power maksimal 16,9 HP @ 9000rpm dan torsi maksimal 13,7 Nm @ 7000rpm. Sedangkan Yamaha R15 dibuat dengan mesin SOHC dengan piston 57m x stroka 58,7 dengan power maksimal 16,8 HP @8500rpm dan torsi maksimal 15Nm @7500rpm
dengan berat keseluruhan yang hampir sama yaitu 135 Kg untuk CBR dan 136 Kg untuk R15, maka bisa dikatakan R15 unggul di torsi atau tarikan sedangkan CBR menang di putaran atas, namun karena mesin CBR menggunakan sitem DOHC sehingga bisa dikatakan relatif lebih boros.
DARI TANGKI DAN PENGEREMAN
Fulltank kedua motor ini sama yaitu 12 liter. Sedangkan dari sisi pengereman, CBR memiliki diameter piringan cakram yang lebih lebar dibanding R15 yaitu 276mm jadi dilihat dari diameter rem CBR lebih pakem dibanding R15 yang hanya memiliki diameter cakram 167mm namun sudah bukan rahasia lagi kalo sistem pengereman Yamaha labih bagus dibanding Honda. Jadi hasil akhirnya ya sama sajaa..
-Posisi tempat duduk. R-15 posisi tempat duduknya pengemudi lebih tinggi sedikit. Tepatnya 13 mm. tetapi untuk tempat duduk yang dibonceng, R-15 jauh lebih tinggi. posisi orang yang diboncengpun lebih kurang nyaman.
DARI SISI MESIN.
All new CBR150R dibuat dengan mesin DOHC dengan piston 57,3m x stroke 57,8. power maksimal 16,9 HP @ 9000rpm dan torsi maksimal 13,7 Nm @ 7000rpm. Sedangkan Yamaha R15 dibuat dengan mesin SOHC dengan piston 57m x stroka 58,7 dengan power maksimal 16,8 HP @8500rpm dan torsi maksimal 15Nm @7500rpm
dengan berat keseluruhan yang hampir sama yaitu 135 Kg untuk CBR dan 136 Kg untuk R15, maka bisa dikatakan R15 unggul di torsi atau tarikan sedangkan CBR menang di putaran atas, namun karena mesin CBR menggunakan sitem DOHC sehingga bisa dikatakan relatif lebih boros.
DARI TANGKI DAN PENGEREMAN
Fulltank kedua motor ini sama yaitu 12 liter. Sedangkan dari sisi pengereman, CBR memiliki diameter piringan cakram yang lebih lebar dibanding R15 yaitu 276mm jadi dilihat dari diameter rem CBR lebih pakem dibanding R15 yang hanya memiliki diameter cakram 167mm namun sudah bukan rahasia lagi kalo sistem pengereman Yamaha labih bagus dibanding Honda. Jadi hasil akhirnya ya sama sajaa..
No comments:
Post a Comment